MANFAAT AIR KELAPA

Manfaat Air kelapa muda memang paling pas dinikmati setelah berenang pada hari yang terik atau lari di tepi pantai. Tetapi sebenarnya Manfaat Air Kelapa tidak hanya melepas dahaga dan memberi kesegaran. Kandungan manfaatnya terhadap kesehatan juga sangat besar.
Sejak dulu, Manfaat Air Kelapa digunakan untuk pengobatan herbal oleh nenek moyang kita. Air kelapa dapat memperlancar kesulitan buang air kecil mabuk, mengurangi rasa lelah dan kini juga digunakan untuk meningkatkan cairan tubuh ketika menderita demam berdarah.

Para selebritas dunia seperti aktris Anna Paquin, Courteney Cox, bintang Star Trek Chris Pine, bintang Gossip Girl Ed Westwick, Jessica Simpson, tak ketinggalan Rihanna, juga kerap mengonsumsi minuman kaya gizi yang rendah lemak ini. Ada demand pasti diikuti dengan supply. Sejak terlihat digandrungi selebritas, air kelapa kemasan tersebut pun dijuluki sebagai wonder drink.

Air kepala kaya dengan gizi makro maupun mikro. Unsur makro yang dimaksud adalah kandungan karbon dan nitrogen. Karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Sementara unsur nitrogen dijumpai dalam protein yang tersusun dari asam amino, seperti arginine, alanine, cystein, dan serine. Sebagai gambaran kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi. Sedangkan kandungan unsur mikronya yaitu berupa mineral yang dibutuhkan tubuh, antara lain kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P) dan sulfur (S).
Jika diteliti lagi, dalam air kelapa juga terdapat berbagai vitamin. Sebut saja vitamin C, asam nikotinat (Niacin, Pyridine-3-Caboxylic Acid), asam pantotenat (vitamin B5), asam folat, biotin (vitamin B7), riboflavin, dan sebagainya.

Elektrolit Alami
Dari penjelasan di atas, jelaslah bahwa Manfaat Air Kelapa sangat lengkap. Tak heran jika air kelapa muda disebut sebagai fluid of life alias air kehidupan oleh WHO (World Health Organization). Air kelapa berfungsi sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki sifat elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh. Maka, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.

Dalam sehari manusia mengeluarkan cairan dalam tubuh sekitar 2 liter baik berupa urine, keringat atau yang lainnya. Ketika puasa, pemasukan cairan menjadi terbatas. Namun, ada cara cepat mengganti cairan tubuh yang hilang, yaitu dengan minum air kelapa. Selain menjadi pengganti air untuk menghilangkan rasa haus, air kelapa mengandung komposisi elektrolit atau mineral yang seimbang dan mirip dengan cairan tubuh manusia. Hasilnya? Tubuh sehat bebas dehidrasi.

Tolak Racun
Tak hanya mengganti unsur cairan tubuh, air kelapa dipercaya berfungsi sebagai diuretik natural yang steril. Air kelapa muda bisa melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Anda pasti pernah mendengar nasehat orang tua untuk minum air kelapa hijau saat keracunan makanan atau minuman. Nah. Penjelasan ilmiahnya, air kelapa memang memiliki kemampuan mendetoksifikasi tubuh. Ini juga berlaku saat Anda mabuk akibat kelebihan mengonsumsi makanan atau minuman beralkohol. Air kelapa bisa menjadi obat tolak racun karena berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih.

Air kelapa muda mengandung asam lauric, yaitu asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric memiliki karakteristik anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus, sehingga tentu saja bisa menjaga kesehatan. Asam lauric, chloride dan cytokinins juga mampu membantu mengatasi kelelahan. Rutin mengonsumsi air kelapa juga bantu tubuh tingkatkan imunitas. Sebab, air kelapa membantu melancarkan metabolisme tubuh dan membersihkan saluran pencernaan. Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan, terutama bagi ibu yang menanti kelahiran si buah hati. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung. Akibatnya, kerja pencernaan pun melambat. Nah, air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi kerja organ-organ pencernaan.

Meningkatkan HDL
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, air kelapa muda tidak mengandung lemak, apalagi kolesterol. Bahkan menurut sebuah riset, air ini bisa meningkatkan kolesterol baik Hdl (High Density Lipoprotein) di dalam tubuh. Selain itu, menurut Journal of Clinical Hypertension, orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya memiliki kandungan kalium atau potassium yang rendah dalam tubuhnya. Nah, air kelapa muda mengandung kadar potassium yang tinggi.

Para ilmuwan percaya, dengan rutin mengasup air kepala yang kaya potassium dan rendah garam ini bisa membantu mengontrol tekanan darah. Tentu ini jadi kabar baik: air kelapa bisa jadi minuman sehari-hari yang dapat menurunkan resiko terserang hipertensi. Bila Anda tidak bisa mendapatkan air kelapa yang segar, kini telah tersedia air kelapa murni dalam kemasan siap minum yang dapat dibeli di supermarket.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: