2040, Jutaan Manusia akan Tewas Sekejap

2040, Jutaan Manusia akan Tewas Sekejap

TRIBUNNEWS.COM – Sebuah asteroid raksasa seluas 460 kaki diprediksi akan menghujam ke bumi pada 5 Februari 2040 mendatang. Bila hal itu terjadi dapat dipastikan jutaan manusia akan tewas dalam sekejap.
Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, asteroid yang dinamai 2011 AG5 tersebut telah menarik perhatian Tim Aksi PBB, yang saat ini tengah membahas cara untuk mengalihkan asteroid itu dari jalurnya. Demikian dikutip dari Dailymail, Rabu (29/2/2012).
Asteroid itu menurut mereka, memiliki ukuran serupa dengan asteroid yang telah menyapu bersih dinosaurus 65 juta tahun yang lalu. Asteroid 2011 AG5 memiliki lebar lebih kecil sembilan mil dibandingkan dengan asteroid pemusnah dinosaurus tersebut.
Diperkirakan pada tahun 2023 mendatang, asteroid itu akan membuat ‘lubang kunci’ dalam perjalanan mereka, sebelum mereka bertabrakan dengan bumi.
Sejumlah gagasan untuk mengalihkan jalur asteroid itu sudah terpikirkan, antaranya dengan menggali lubang di asteroid dan meletakan alat pengendali gravitasi untuk mengarahkan asteroid menjauhi bumi.
Meledakan asteroid menggunakan bom nuklir, seperti yang terjadi di film Hollywood, Armagedon, juga sudah dibahas, namun dikhawatirkan, serpihan ledakan asteroid tersebut akan menghujani bumi.
Ada sekitar 19.000 asteroid berukuran menengah berjarak 120 juta mil dari Bumi, berdasarkan laporan terbaru NASA. Ukuran menengah mengacu pada asteroid yang memiliki lebar 330 dan 3.300 kaki lebar, yang bisa menghancurkan satu kota, jika menghujan ke bumi.
Salah satunya yang akan berpapasan dengan bumi, di tahun 2036 adalah asteroid Aphophis, yang memiliki ukuran sebesar lapangan sepak bola. (dailymail)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: