Produksi udang NTB naik 11 persen

Mataram (ANTARA News) – Produksi udang di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) naik rata-rata 10 hingga 11 persen per tahun, dan merupakan penghasil udang terbesar kelima di Indonesia, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) NTB, HM Ali Syahdan.

Di Mataram, Sabtu, ia mengatakan, sentra udang di daerah ini terbesar di Pulau Sumbawa yang didominasi usaha tambak intensif dengan produksi mencapai 21 ton per satu kali panen.

“Produksi udang tersebut masih bisa ditingkatkann karena potensi lahan yang tersedia cukup luas terutama di Pulau Sumbawa. Hingga kini baru sekitar 40 persen, sisanya 60 persen belum dimanfaatkan.

Ia mengatakan, keberadaan NTB sebagai penghasil udang terbesar kelima nasional itu harus tetap dipertahankan.

“Karena itu itu kami akan terus berupaya membina para pengusaha tambak agar produksinya terus meningkat,” katanya.

Ali mengatakan, selain berupaya meningkatkan produksi pihaknya juga terus menjaga kualitas udang terutama mengawasi penggunaan antibiotik agar tidak ditolak oleh konsumen luar negeri.

Dalam kaitan itu, katanya, pihaknya menurunkan petugas ke lapangan mengambil sample udang untuk memastikan produksi udan NTB bebas dari residu antibiotic.

Para pengusaha udang di NTB selalu mentaati penggunaan pakan dan obat-obatan sebagaimana ditetapkan Kementrian Kelautan dan Perikanan ,sehingga udang asal daerah ini dinyatakan bebas residu antibiotik.

Dia mengatakan, secara keseluruhan luas areal tambak udang di NTB mencapai 22.000 ha yang tersebar dipulau sumbawa, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Menurut Ali, khusus tambak Udang intensif luasnya mencapai 2.000 hektare, 90 porsen diantaranya dikelola pengusaha keturunan, hanyya sekitar 10 porsen milik pengusaha lokal. Ini disebabkan bidang usaha ini padat modal terutama untuk pakan, benur(bibit udang) dan bahan bakar minyak.

Kendati demikian, katanya, tambak intensif di pulau sumbawa lebih banyak mempekerjakan warga lokal, sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi warga disekitarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: