Camp Nou, Sepak Bola, Konser, dan Doa

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Camp Nou kembali mencatatkan sejarah bagi FC Barcelona. Bintang kesebelasan itu, Lionel Messi, mencetak tiga gol yang membawa Barcelona menang 5-3 atas Granada pada laga Liga BBVA, di Camp Nou, Selasa (20/3/2012). Dengan gol-gol itu, Messi menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona dengan 234 gol, yang sebelumnya dipegang Cesar Rodriguez dengan 232 gol.

Namun, tahukah Anda bahwa Camp Nou bukan sekadar mencetak sejarah di bidang sepak bola? Stadion berkonstruksi beton dan baja yang dibangun antara tahun 1955 dan 1957 itu juga pernah dipakai untuk konser Michael Jackson, konser U2, bahkan menerima kunjungan Paus Yohanes Paulus II.

Camp Nou menjadi stadion resmi FC Barcelona sejak 24 September 1957. Stadion ini dirancang oleh arsitek Francesc Mitjans Miró dan Josep Soteras Mauri, dengan bantuan Lorenzo García Barbon. Pembangunannya menelan biaya 288 juta peseta sehingga, begitu selesai dibangun, klub harus menjalani tahun-tahun pertamanya dengan utang besar.

Awalnya stadion akan diberi nama resmi Estadi del FC Barcelona, tetapi tempat itu sudah telanjur dikenal sebagai “lapangan baru” alias Camp Nou, menggantikan lapangan lama klub di Les Corts. Dalam pemungutan suara musim 2000/2001, mayoritas anggota klub menyetujui bahwa Camp Nou menjadi nama resmi stadion. Dari 29.102 suara yang diterima, sebanyak 19.861 (68,25 persen) memilih nama Camp Nou dibandingkan dengan Estadi del FC Barcelona.

Stadion setinggi 48 meter dan luas 55.000 meter persegi (250 meter dan panjang 220 meter lebar) ini memiliki lapangan seluas 105 meter x 68 meter. Dengan kapasitas 99.354 penonton, Camp Nou menjadi stadion terbesar di Eropa saat ini. Kapasitas total ini mengalami perubahan beberapa kali karena ada peraturan-peraturan baru.

Ketika pertama kali dibuka pada tahun 1957, stadion bisa menampung 93.053 penonton dan meningkat menjadi 120.000 pada tahun 1982 saat digunakan dalam Piala Dunia FIFA. Namun, peraturan baru melarang adanya penonton berdiri sehingga mengurangi kapasitas stadion pada akhir 1990 menjadi hanya di bawah 99.000 penonton.

Pada musim 1998-99, UEFA memberi status stadion bintang lima pada Camp Nou. Di seluruh Spanyol, hanya ada empat stadion lain yang memiliki gelar itu, yaitu Lluís Companys Olympic Stadium yang juga berada di Barcelona yang pernah dipakai dalam Olimpiade; Stadion Olimpiade Cartuja di Seville; Stadion Vicente Calderon, markas Atlético Madrid; dan Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, juga di Madrid.

Fasilitas unik yang didapati di Camp Nou antara lain adalah adanya kapel di sebelah ruang ganti, tempat pemain berdoa sebelum memasuki lapangan, lokasi penonton penting yang disebutpresidential box, ruang VIP, ruang pers, beberapa studio televisi di bagian atas lapangan, pusat perawatan kesehatan, area untuk pemain veteran, serta museum FC Barcelona yang harus dikunjungi.

Dengan kemegahannya sebagai stadion bola yang menaungi klub raksasa, Camp Nou dimanfaatkan sebagai lapangan tanding dalam final sepak bola Olimpiade 1992. Tak hanya urusan bola, Camp Nou pernah juga menjadi tuan rumah sejumlah konser, seperti konser Lluís Llach, Bruce Springsteen, Michael Jackson, Josep Carreras, Julio Iglesias, dan band U2. Stadion ini juga dipakai berdoa oleh ribuan umat Katolik ketika Paus Yohanes Paulus II berkunjung ke Barcelona tanggal 7 November 1982.

Aura kebesaran stadion itu dibuktikan ketika Kompas.com berkesempatan mengunjungi Camp Nou, 26 Februari lalu. Bahkan, sejak menyebut tujuan “Camp Nou” kepada sopir taksi, “petualangan” imajinasi mengenai Camp Nou sudah dimulai. Meski dengan bahasa Katalan yang kurang kami mengerti dan sedikit sekali bahasa Inggris, sang sopir menjelaskan kehebatan stadion itu dengan bangga.

Ketika Kompas.com tiba dan berkeliling di kompleks stadion, cerita sang sopir taksi serta gambaran tentang kemegahan Camp Nou dan kebesaran Barca terbukti. Bahkan, hingga keluar dari Camp Nou pun, sejumlah orang memberi salam, “Visca Barca! Hidup Barca!”, ketika melihat rombongan penulis melintas dengan  menenteng tas suvenir bertuliskan FC Barcelona.


2 Balasan ke Camp Nou, Sepak Bola, Konser, dan Doa

  1. dhlondhenk mengatakan:

    nice post gan…kunjungan persahabatan dari saling berbagi…backlink sukses terpasang…terimakasih atas persahabatannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: